Social Icons

Pages

Minggu, 25 November 2012

laporan pratikum 8. 

program pascal menggunakan fungsi


uses crt;
var bil,n:integer;

function pangkat(x,m:integer):longint;
begin
clrscr;
if m=0 then pangkat:=1 else
pangkat:=x*pangkat(x,m-1); {lakukan rekursif dengan mengurngi pangkatnya yaitu m}
end;

begin
clrscr;
write('masukkan bilangan sembarang ');readln(bil);
write('akan dipangkatkan berapa? '); readln(n);
if n<0 then writeln('maaf hanya menghitung pangkat positif') {pengecekan jika n<0}
else writeln('hasil ',bil,' pangkat ',n,' adalah ',pangkat(bil,n));
readln;
end.







logika program


Ø  keteranagn
‘Uses Crt’ merupakan salah satu unit di pascal. Unit yang satu ini harus digunakan jika ingin menggunakan perintah ‘clrscr’ (perintah untuk membersihkan layar) dan ‘readkey’ (perintah untuk membaca masukan user).

‘Var’ merupakan bagian pendeklarasian variabel yang di dalamnya memuat tipe-tipe data, seperti string, integer, byte, word, char, dll. Mengenai tipe-tipe data akan dibahas di artikel selanjutnya.

Setiap listing program utama harus diawali dengan huruf ‘begin’ dan  diakhiri dengan ‘end.’
(ingat! jangan lupa titik(.) nya pada end.)

Perintah untuk mencetak adalah ‘write’. Jadi kalau mau mencetak “Halo, saya pascal”

‘read/readln’ perintah ini digunakan untuk memasukkan (input) data dalam keyboard ke dalam suatu variabel.

Tapi selain write, ada juga perintah ‘writeln’. Bedanya kalau ‘write’ setelah mencetak kursornya tetap disamping, sedangkan kalau ‘writeln’ kursornya ke bawah. Untuk contohnya dapat dicermati dari listing program tadi.

Perintah ‘read’ dan ‘readln’ digunakan untuk membaca input yang dimasukkan user. Perbedaan antara keduanya sama dengan ‘write’ dan ‘writeln’.
                        Begin yaitu tanda awal memulai nya program yang akan kita jalankan
memulai perintah kondisi : untuk variabel a sama dengan 1, jika variabel a kurang dari sama dengan variabel n, maka variabel a akan ditambahkan 1.
clrscr();
Perintah membersihkan layar.

fungsi : 
Merupakan bagian program yang terpisah, hampir sama dengan Prosedur. Fungsi akan menghasilkan sebuah nilai jika dipanggil dan fungsi tidak dapat berdiri sendiri secadang FUNCTION bagai pernyataan, melainkan sebagai Operand. Kata mengawali bagian deklarasi fungsi, diikuti dengan nama fungsinya dan secara optional dapat diikuti oleh sekumpulan parameter, tipe dari fungsinya dan diakhiri dengan titik koma. “USES” merupakan deklarasi penggunaan unit dalam Turbo Pascal. Unit merupakan bagian dari program yang berisi kumpulan function dan procedure. Contoh fungsi yang banyak digunakan adalah CRT, dengan function yang terdapat di dalamnya yaitu clrscr dan readkey. Anda dapat menjalankan suatu program tanpa menggunakan USES, akan tetapi anda hanya dapat menggunakan function dan procedure yang sudah terkandung secara native dalam Turbo Pascal. Contohnya anda tidak dapat menggunakan clrscr atau readkey tanpa CRT, tetapi bisa menggunakan writeln dan readln tanpa CRT tersebut karena CRT merupakan unit untuk pengolahan output ke layar dan input dari keyboard. Unit ini juga digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text