Social Icons

Pages

Minggu, 25 November 2012

laporan pratikum 9
konsep pemograman
program pascal menggunakan prosedur

list program :

uses crt;
var i,n,j : integer;
a: array [1..100] of integer;

procedure buble;
var z: integer;
     begin
     clrscr;
          for i:= 1 to n-1 do
          begin
                  for j:= n downto i+1 do
                     begin
                     clrscr;
                             if a[j] < a[j-1] then
                              begin
                                      z:= a[j];
                                      a[j]:= a[j-1];
                                      a[j-1]:=z;
                               end;
                      end;
           end;
     end;

begin
clrscr;
write('masukkan banyak larik (maks 100) : '); readln(n);
for i:= 1 to n do
       begin
            write('A[',i,'] : '); readln(a[i]);
       end;
         buble;
 write('data setelah diurutkan : ');
  for j:=1 to n do
                  write (a[j],' ');
 end.


hasil nya :



 



logika program :

  keteranagn
‘Uses Crt’ merupakan salah satu unit di pascal. Unit yang satu ini harus digunakan jika ingin menggunakan perintah ‘clrscr’ (perintah untuk membersihkan layar) dan ‘readkey’ (perintah untuk membaca masukan user).

‘Var’ merupakan bagian pendeklarasian variabel yang di dalamnya memuat tipe-tipe data, seperti string, integer, byte, word, char, dll. Mengenai tipe-tipe data akan dibahas di artikel selanjutnya.

Setiap listing program utama harus diawali dengan huruf ‘begin’ dan  diakhiri dengan ‘end.’
(ingat! jangan lupa titik(.) nya pada end.)

Perintah untuk mencetak adalah ‘write’. Jadi kalau mau mencetak “Halo, saya pascal”

‘read/readln’ perintah ini digunakan untuk memasukkan (input) data dalam keyboard ke dalam suatu variabel.

Tapi selain write, ada juga perintah ‘writeln’. Bedanya kalau ‘write’ setelah mencetak kursornya tetap disamping, sedangkan kalau ‘writeln’ kursornya ke bawah. Untuk contohnya dapat dicermati dari listing program tadi.

Perintah ‘read’ dan ‘readln’ digunakan untuk membaca input yang dimasukkan user. Perbedaan antara keduanya sama dengan ‘write’ dan ‘writeln’.
                        Begin yaitu tanda awal memulai nya program yang akan kita jalankan.
                        for(a=1;a<=b;a++)
memulai perintah kondisi : untuk variabel a sama dengan 1, jika variabel a kurang dari sama dengan variabel n, maka variabel a akan ditambahkan 1.
clrscr();
Perintah membersihkan layar.

Array :   Array adalah tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe sama. Komponen-komponen tersebut disebut sebagai komponen type, larik mempunyai jumlah komponen yang jumlahnya tetap. Banyaknya komponen dalam larik ditunjukkan oleh suatu index, dimana tiap komponen di array dapat diakses dengan menunjukkan nilai indexnya atau subskript. Array dapat bertipe data sederhana seperti byte, word, integer, real, bolean, char, string dan tipe data scalar atau subrange. Tipe larik mengartikan isi dari larik atau komponen- komponenya mempunyai nilai dengan tipe data tersebut.
Contoh:
Var
Untai : array[1..50] of Integer;
Pada contoh Array dengan nama untai telah dideklarasikan dengan tipe integer, dengan jumlah elemen maksimum 50 elemen, nilai dari elemen array tersebut diatas harus bertipe integer.

Prosedur :  Prosedur merupakan bagian yang terpisah dari program dan bisa diaktifkan didalam program. Kata cadang ‘PROCEDURE’ digunakan sebagai bagian dari judul dari bagian deklarasi prosedur, diikuti oleh sekumpulan parameter yang diakhiri dengan ‘tanda titik koma’. Procedure dan function merupakan sub-program. Procedure tidak mengembalikan
nilai, sedangkan function mengembalikan nilai. Procedure dan function mengandung suatu penggalan program yang dapat dipanggil oleh program utama atau sub-program yang lainnya. Bila anda belum mengerti maksud dari “mengembalikan nilai” maka anda dapat membayangkan bahwa hasil dari function dapat dimasukkan ke dalam suatu variabel atau menghasilkan suatu nilai, sedangkan procedure hanya menjalankan suatu potongan program. Contoh procedure adalah writeln dan clrscr karena kedua procedure tersebut tidak mengembalikan nilai apapun. Sedangkan contoh function adalah “sqrt” yang akan mengembalikan nilai berupa akar kuadrat dari bilangan yang dimasukkan. Sebagai informasi: “procedure” adalah istilah yang digunakan pada Pascal. Pada bahasa pemrograman yang lainnya, biasa disebut “function yang tidak mengembalikan nilai” atau “void function”. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text