Social Icons

Pages

Minggu, 30 September 2012

Sekilas Tentang Novell NetWare



NetWare: Sistem Operasi Jaringan Novell dan Protokol Suite.

Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan (NOS) yang menyediakan akses file remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer dan akses database .NetWare menentukan atas lima lapisan model referensi OSI dan, dan berjalan pada media apapun-protokol akses (Layer 2). Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis sistem komputer, dari PC ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare, yang diperkenalkan pada awal tahun 1980 didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada arsitektur klien-server Klien (kadang-kadang disebut workstation) permintaan layanan, seperti file dan printer akses, dari server. NetWare klien / server arsitektur yang mendukung akses remote yang transparan bagi pengguna melalui prosedur remote panggilan. Sebuah prosedur terpencil panggilan dimulai ketika program komputer lokal berjalan pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server jauh Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan dan mengembalikan informasi yang diminta ke klien lokal.
 

Novell Open Enterprise Server (1.0)

Pada tahun 2003, Novell mengumumkan produk pengganti untuk NetWare: Open Enterprise Server (OES). Pertama kali dirilis pada Maret 2005, OES melengkapi layanan pemisahan tradisional yang terkait dengan NetWare (misalnya Directory Services, file-dan-print) dari platform yang mendasari pemberian layanan tersebut. OES pada dasarnya adalah seperangkat aplikasi (eDirectory, NetWare Core Protokol layanan, iPrint, dll) yang dapat berjalan baik di atas Linux atau platform kernel NetWare . kumpulan OES implementasi layanan bahkan dapat bermigrasi dari Linux ke Netware dan kembali lagi, membuat Novell salah satu dari beberapa vendor untuk menawarkan multi-platform solusi clustering.
Konsekuen untuk perolehan Novell Ximian dan SuSE, sebuah distributor Linux Jerman, diamati secara luas bahwa Novell bergerak menjauh dari NetWare dan mengubah fokusnya menuju Linux. Banyak pemasaran baru-baru ini tampaknya difokuskan pada NetWare pengguna untuk beralih ke platform Linux di masa depan .indikasi yang paling jelas dari arah ini kontroversial Novell dengan diambilnya keputusan untuk membebaskan Open Enterprise Server di Linux kemudian Novell menekankan bahwa NetWare akan dipakai oleh 90 juta pengguna akan didukung setidaknya sampai tahun 2015. Beberapa pendukung Novell NetWare telah mengambil keputusan untuk mengajukan petisi demi menjaga Novell NetWare dalam pembangunan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text